Minggu, 30 Desember 2012

TIPS


MENJADI GURU SD YANG DISENANGI MURIDNYA

Menjadi seorang guru bukanlah sebuah tugas dan kewajiban yang dipegang hanya demi mendapatkan sejumlah uang, bukan seperti itu. Profesi sebagai guru atau pendidik adalah sebuah pilihan. Pilihan dimana seseorang bukan hanya dituntut untuk mampu memberikan pencerahan serta ilmu kepada individu sekaligus dalam satu waktu, tapi juga secara tidak langsung memberikan warna bagi kehidupan seseorang sejak dini hingga masa dewasanya. Dalam hal ini pengaruh seorang guru SD bisa sampai membekas kuat di hati anak didiknya.
Menjadi guru yang disenangi oleh muridnya adalah harapan dan keinginan semua guru. Guru yang disenangi oleh murid-muridnya atau sosok guru idola adalah guru yang kehadirannya selalu dinanti-nanti oleh muridnya. Apabila guru idola belum terlihat di ruang guru, murid-murid akan sibuk mencari dan menanyakan keberadaan guru idolanya tersebut. Apabila guru idola tidak hadir dan jam pelajaran kosong, murid selalu sibuk menanyakan tugas dan apabila pelajaran diakhiri murid-murid merasa kurang. Menjadi guru yang disenangi murid bukan berarti menuruti semua kemauan dan keinginan murid. Guru yang menuruti semua keinginan murid justru telah keluar dari tujuan dan kegiatan proses belajar mengajar. Lalu bagaimana cara menjadi guru yang disenangi muridnya? Berikut ini adalah tipsnya..^_^
1.      Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan
Setiap materi mempunyai cara penyampaian yang beragam. Guru diharapkan mampu menggunakan metode yang variatif dalam pembelajaran sehingga tidak terpaku pada satu metode saja. Guru dalam pembelajaran juga harus menggunakan metode yang menyenangkan, yaitu dengan pembelajaran yang membuat murid aktif dan melakukan sendiri.
2.      Guru harus mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang kondusif
Dalam hal ini guru harus mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang nyaman. Tidak ada murid yang ramai sendiri tidak memperhatikan penjelasan dari gurunya. Semua murid aktif dan berkonsentrasi pada penjelasan materi. Selain itu, guru harus menguasai materi dan menyampaikannya dengan enak dan mudah dipahami oleh murid. Dalam memberikan penilaian guru harus obyektif agar tidak ada diskriminasi.
3.      Guru harus humoris
Jika kita menanyakan kepada murid, guru yang seperti apa yang diidolakan murid? Pasti kebanyakan jawaban yang keluar adalah guru yang humoris. Mengapa guru yang humoris menjadi idola murid? Inilah jawabannya. Guru yang humoris dengan candaan dan humornya mampu menciptakan kegiatan belajar mengajar yang lebih menyenangkan. Humor disini bukanlah humor yang menyinggung murid-muridnya tapi humor yang baik yaitu humor yang tepat pada waktu yang tepat. Memberikan pelajaran dan bersikap serius di dalam kelas memang terkadang amat diperlukan. Namun ketika anda sebagai guru melihat murid-murid sudah mulai jenuh maka tak ada salahnya anda menyelingi pelajaran dengan sedikit humor dan canda agar suasana kelas kembali ceria dan murid anda merasa fresh untuk melanjutkan pelajaran.
4.      Guru harus memberikan hak dan kebutuhan muridnya
Janganlah beranggapan bahwa murid harus menuruti semua aturan gurunya. Murid mempunyai hak yang harus dipenuhi oleh gurunya, misalnya hak bertanya dan mendapatkan jawaban yang tepat. Jadi disini guru harus memberikan kesempatan kepada muridnya untuk aktif dalam pembelajaran dengan cara mengajukan pertanyaan dan guru juga harus mampu memberikan jawaban atas pertanyaan murid dengan jawaban yang tepat sampai semua murid-muridnya memahami dengan jelas. Selain itu, guru yang disenangi oleh murid adalah guru yang memberikan kebutuhan murid baik itu kebutuhan akan karakter dan perkembangannya maupun kebutuhan untuk dihargai. Guru yang menyenangkan adalah sosok guru yang menghargai muridnya.
5.      Guru harus berwibawa
Selain menciptakan hubungan yang harmonis dengan muridnya, seorang guru juga harus selalu menjaga wibawanya. Hal ini tercermin dari tingkah laku dan sikap seorang guru di dalam maupun di luar kelas. Tingkah laku dan sikap seorang guru haruslah baik dan bijak. Guru dalam hubungannya dengan murid tidak boleh pilih kasih, guru harus menyamakan perhatian kepada semua muridnya dengan bersikap adil dan bijaksana.
6.      Guru harus mampu menjadi contoh atau suri tauladan.
Guru yang dijadikan model oleh murid harus bisa menjadi contoh dan teladan yang baik untuk murid-muridnya. Tidak hanya pandai berbicara banyak tetapi juga mampu mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dari bertingkah laku dan bersikap yang baik guru akan mampu menjadi teladan yang baik bagi murid-muridnya.
7.      Guru harus selalu berpenampilan menarik dan murah senyum serta sabar.
Untuk menjadi idola bagi murid, guru harus selalu menjaga penampilannya yaitu dengan berpenampilan yang menarik, rapi membuat murid merasa betah dengannya. Begitupun dengan senyum, murid yang yang ‘bermasalah/nakal’ akan luntur dan akan menyukai guru yang murah senyum, tulus dan sabar. Guru yang mahal dalam senyum akan memberikan kesan sangar dan jauh dari muridnya.
8.      Guru harus mendidik dengan hati dan menginspirasi.
Mendidik atau mengajar bukan hanya dianggap sebagai pekerjaan atau profesi, lebih dari itu juga dimaknai sebagai pengabdian dan ibadah. Murid bukan hanya sebagai obyek, tetapi juga insan seperti anak, yang tidak hanya dididik juga didoakan.
Itulah beberapa tips menjadi guru idola yang disenangi oleh muridnya. Untuk menjadi guru yang disenangi oleh murid memang tidak mudah dan kita sebagai guru atau pendidik yang banyak berhadapan dengan murid, harus benar-benar menata hati kita, mengendalikan emosi kita, tidak asal-asalan dalam berpenampilan, harus senantiasa menjaga sikap yang baik. Apakah kita sebagai pendidik sudah bersikap seperti demikian??
Marilah kita sama-sama mencerdaskan anak didik kita dengan membuat anak didik kita senang dengan kita, karena jika mereka senang, maka ilmu yang kita berikan bisa bermanfaat dan mereka akan mengingat kita selamanya.........
Oleh: Siti Wakhidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar