Sabtu, 12 Januari 2013

Cerpen


SELAMAT JALAN SOBAT..,TERSENYUMLAH DI SISI-NYA

ENDANG PERTIWI
Hari Selasa.., yupss..tepatnya tanggal 24 september 2012..hari Selasa aku ada kuliah pagi. Alhamdulillah kuliah paginya ga terlalu mruput karena yang aslinya di jadwal dapet jam 07.00 dengan kesepakatan bersama ibu dosen dimundurkan setengah jam..kesepakata deal..kuliah dimulai jam 07.30. Ya..,pagi itu aku merasa bener-bener males banget. Berawal dari bangun kesiangan gara-gara semalem kangen sama keluarga yang di rumah sampe malem susah tidur. Hehehee..lebaii..aslinya ngebet pengin pulang purworejo. Biasa ya begini ini kalo udah kene penyakit bete ya sering ga jelas di kost muring-muring sendiri sampe temen-temen kost geleng-geleng kepala liat sikapku. Aneh bin ajaib kata temenku kangen kok sampe terserang amnesia..upsss..salah..insomnia..hhaaaa.
Lanjutt yaa.., waktu itu aku bangun pukul 05.30. yaa..alhamdulilah masih ada waktu buat sholat subuh. Udah bangunnya kesiangan, airnya di bak mandi kosong. Wah..bener-bener rempong nih nasibku super sekali. Nah kebetulan juga kalo mau nyalain air harus mancing airnya dulu biar bisa naik ke tandon air, maklum lah beginilah kalo musim kemarau. Aku langsung ambil gayung mengisinya dengan air dan memasukkannya ke selang agar airnya cepet naik. Setelah 15 menit, akhirnya airnya naik juga. Melihat bak mandi yang kotor aku risih juga. Langsung saja aku ambil lap dan menguras bak mandi sekalian. Setelah bersih aku mengalirkan airnya. Sambil menunggu air penuh, aku menyapu dan merapikan kamarku yang berantakan menyaingi kapal pecah. Aku pun asyik merapikan kamarku. Temen-temen kost pas jadwal kuliah pagi semua. Heni mandi pertama kali, disusul Endar, disusul lagi Ayu mandi. Tinggal aku dan Gilang yang belum mandi. Karena masih pukul 06.30 aku pun masih asyik merapikan kamar dan menata buku. Pukul 06.45 Gilang ke kamarku dan menyuruh aku mandi duluan. Entahlah..aku tak mengerti..kenapa pagi itu aku merasa males mandi. Aku pun menyuruh Gilang mandi duluan.(ceritanya ngalah mendahulukan temen yang lain..hehehee)
Lumayan lama menunggu Gilang mandi. Yaa.., aku menoleh jam ternyata udah jam 7 lebih.. jam 07.05 Gilang baru keluar dari kamar mandi. Aku cepet-cepet ambil handuk dan beranjak ke kamar mandi. Itu pun dengan langkah males..yupss..terasa bener-bener maless..rasanya ada something yang melayang-layang di fikiranku..tapi anehnya..aku juga tak tau something yang melayang-layang di fikiranku..dan rasanya di pagi hari itu aku merasa galau tanpa sebab..aneh dan bener-bener aneh sekali kan..tapi itu lah yang aku rasakan pagi itu..hehehee
Selesai mandi aku pun buru-buru masuk kamar dan memakai seragam kuliahku. Gilang udah di depan cermin berkerudung dan kebetulan Indra juga sudah menghampiri. Gilang dan Indra sudah siap untuk berangkat ke kampus sedangkan aku masih sibuk mencari bross mungil favoritku. Setelah mengobrak-abrik kotak bross, akhirnya yang kucari ketemu juga. Aku sibuk merapikan kerudungku di depan cermin. Entah karena gugup ataukah buru-buru jariku tertusuk jarum bross. Dari situ aku mulai merasakan seperti ada something yang kurang beres pada diriku. Selesai merapikan kerudung aku pun bersiap-siap berangkat ke kampus..yupss..,udah jadi kebiasaan aku, indra dan gilang berangkat dari kost mepet jam masuk kuliah. Jadwal masuk jam 07.30 sampe ruangan jam 07.40. kebetulan hari itu dosen telat. Setelah masuk ruangan 5 menit kemudian dosen masuk. Aku kebetulan selalu duduk di bagian paling depan. Waktu itu ada yang presentasi. Memang benar aku duduk di deretan kursi paling depan tapi konsentrasiku entah melayang terbang kemana..mungkin terbang bersama angin pagi..(wusssssssshhhhhhh...berrrrr..)
Selesai perkuliahan aku pun berniat untuk langsung pulang ke kost. Aku, Indra dan gilang seperti biasa langsung cus jalan pulang ke kost. Sampai di kost aku pun ganti baju, cuci muka, cuci tangan, cuci kaki dan langsung tidur. Entah mengapa rasanya males mau ngapa-ngapain..eh.,akhirnya tidur deh. Jam 13.30 aku bangun tidur. Aku pun langsung mengambil air wudhu dan sholat ndzuhur. Selesai sholat aku pun tidur lagi karena di kost juga sepi temen-temen kebetulan juga pada tidur. Baru beberapa menit aku memejamkan mata aku pun langsung lelap, kebetulan sekali pas lagi kurang enak badan. Dalam tidurku, aku bermimpi. Dalam mimpi aku merasa teriris pisau yang tajam. Kemudian aku menangis sejadi-jadinya dengan darah yang mengalir deras pada lukaku. Aku hampir pingsan. Hingga pada akhirnya aku pun terbangun dari tidur. Sekitar jam 16.40. Begitu membuka mata aku langsung bingung. Aneh rasanya aku kepikiran mimpi tersebut. Aku pun duduk di tempat tidur dan sempat juga menangis mengingat-ingat mimpiku itu. Niatnya sekedar menghilangkan rasa bete di kamar aku pun online. Nah baru aja aku log in facebook ada temenku “Juni” ngechat aku. Dia ngasih kabar kalo “Endang” (temen sekelasku waktu SMA) baru aja meninggal. Iya bener sekalii..meninggalkan dunia ini untuk selamanya. Awalnya aku tak percaya dan kaget banget mendengar kabar itu. Juni pun menyuruh aku mencari informasi. Nah., aku pun langsung sms temenku “Dekdo”. Ternyata emang bener Endang telah meninggal setelah operasi di RS. Sardjito. Pada saat itu juga aku langsung deg deg serrr lemes rasanya dan menangis. Kaget banget soalnya baru beberapa minggu sebelumnya aku sempet online bareng Endang dan aku komentar di status facebooknya.
Aku sms temen-temen yang  di purworejo. Pada waktu itu juga Dekdo nyuruh aku pulang. Sejenak aku bingung untuk mengambil keputusan antara pulang atau tidak. Baru dua minggu aku di jogja. Dan kebetulan Rabu juga ada kuliah pagi. Aku ambil keputusan pulang untuk takziah ke rumah Endang. Yaa., pagi-pagi jam 6 aku dianter mas Heru ke pasar Gamping. Alhamdulilah di Gamping udah ada bus jurusan JOGJA-PURWOKERTO. Nah.,langsung aku masuk bus. Biasa pagi-pagi penuh juga bus dengan penumpang ibu-ibu dan bapak-bapak guru. Kira-kira perjalanan 2 jam aku nyampe rumah. Yaa.., baru nyempetin sarapan pagi di rumah hapeku berbunyi. Ternyata ada sms dari Fitri. Suruh siap-siap berangkat bareng ke rumah Endang. Yaa., aku pun buru-buru ganti baju, pake kerudung dan langsung cus. Di jalan aku ketemu Fitri. Sesampainya di rumah Endang, aku dan Fitri udah ditunggu sama temen-temen. Aku dan Fitri menyalami temen-temen satu persatu. Yaa.,ternyata bener..Endang telah meninggal karena Tumor. Aku dan temen-temen mencoba untuk mengikhlaskan kepergiannya.
Jam 10.00 jenazah Endang dikeluarkan ke halaman rumahnya. Pertanda siap untuk dibawa ke makam untuk disemayamkan. Semua orang yang takziah berdiri dan mendoakan serta mengikhlaskan dengan hati atas kepergian Endang. Pada saat pembacaan doa tanpa sadar air mataku pun menetes deras di pipi. Entah..aku merasa sedih sekali. Semasa SMA sering sekali bercanda tawa bersama. Tiba-tiba sekarang dihadapkan pada kenyataan ini dimana Endang meninggalkan dunia ini untuk kembali pada-NYA secepat ini. Selesai pembacaan doa, jenazah pun siap untuk dimakamkan. Seketika itupun ibunya Endang terjatuh pingsan tak sadarkan diri. Air mataku pun semakin deras mengalir di pipi. Dalam hati aku pun mendoakan “Ya Alloh, kuatkan dan tabahkanlah hati ibunya Endang”. Orang tua mana yang bisa langsung ikhlas menerima kenyataan seperti ini. Ditinggalkan oleh anaknya untuk selama-lamanya diusia yang masih muda. Bener-bener menyedihkan..
Setelah jenazah Endang dibawa ke pemakaman aku dan fitri langsung mendekati bapaknya Endang mengucapkan turut berduka cita dan berpamitan pulang. Aku tak kuasa ketika bersalaman dengan bapaknya Endang, kenapa?? Yuppss.,bener sekalii..bapaknya Endang menangis ketika kami berpamitan..yaa., beliau meminta kami untuk memaafkan kesalahan Endang dan meminta kami semua untuk mengikhlaskan kepergian Endang...hmm.., kami semua mengiyakan permintaan bapaknya Endang. Kami semua mengikhlaskan kepergian Endang..
Selamat jalan sobat...semoga kamu tenang berada di sisi-NYA..
Maafkan kami yang selama menjadi temen kamu sering usil dan jail..
Tersenyumlah di sisi-NYA..kita semua di sini tersenyum untukmu...^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar